Kamis, 06 Juni 2013

Tips Sehat Sebelum Melakukan Perjalanan Menggunakan Pesawat


TERDAPAT perbedaan saat berkendara lewat darat, air dan udara.
Bentuk transportasi udara yang sangat digemari merupakan perjalanan dengan pesawat.
Namun beberapa orang akan mengalami berbagai masalah yang dapat menyerang kesehatan saat berada di kendaraan udara ini.
Jika ingin membuat perjalanan lebih nyaman dan menyenangkan, ikutilah beberapa tips ini:
Konsumsi vitamin C
Terdapat lebih banyak bakteri dan virus yang beredar di dalam pesawat jadi jangan sampai terserang penyakit saat berada di pesawat. Tiga hari sebelum perjalanan tingkatkan sistem imun dengan mengkonsumsi vitamin C dan achinacea untuk menghindari terserang bakteri dan virus.
Minum tablet acetylsalicylic acid (ASA)
Terdapa suatu gejala yang biasa disebut dengan “economy class syndrome” yaitu sejenis kesemutan akibat darah yang tersumbat di kaki. Ini dapat menghentikan aliran darah dan jika sudah berdampak terhadap paru-paru dan organ penting lainnya maka dapat menjadi kondisi yang mematikan. Dengan mengkonsumsi ASA yang biasa ditemukan dalam aspirin, maka resiko penggumpalan darah akan berkurang. Sebaiknya dikonsumsi sehari sebelum penerbangan, saat berada di pesawat dan tiga hari berturu-turut setelah perjalanan.
Bawa teh chamomile
Saat pramugari datang membawakan minuman, mintalah air hangat agar dapat menyeduh teh sendiri. Teh jenis ini akan membantu menenangkan syaraf dan membuat diri Anda lebih rileks.
Hindari duduk dengan kaki bersilang
Ini akan membuat kedua kaki terasa jauh lebih pegal saat turun dari pesawat karena tekanan menumpu pada kaki dan aliran darah tidak lancar. Manfaatkan barang bawaan untuk mengganjal kaki sehingga dapat diposisikan secara lebih nyaman.
Siapkan air putih dan cemilan sehat
Walaupun hanya perjalanan singkat atau sudah disediakan makanan oleh maskapai penerbangan, tetap siapkan minuman dan makanan sehat. Terkadang tubuh membutuh asupan tambahan ketika merasa lapar kembali. Ini juga bermanfaat sewaktu-waktu pesawat mengalami delay atau penerbangan ditunda.
Kunyah permen karet
Ketika berada di ketinggian tertentu, pendengaran mulai terasa terganggu. Hal ini merupakan pengalaman yang sangat tidak nyaman. Untuk mengatasi ini, kunyah permen atau permen karet agar meringankan beban tekanan pada telinga. Anda dapat menelan ludah atau menguap sebagai alternatif lain.
Hindari alkohol dan minuman berkafein
Saat berada di pesawat dalam jangka waktu yang cukup lama, ini akan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Jika Anda mengkonsumsi kedua jenis minuman ini, maka akan merasa lebih haus dan menyebabkan kulit dalam kondisi sangat kering. Usahakan lebih banyak mengkonsumsi buah dan air putih.
Tetap kenanakan sepatu selama perjalanan
Terkadang ada saatnya sepatu ingin dilepas dengan alasan kaki ingin ditekuk di kursi dan sebagainya. Sebaiknya sepatu jangan dilepas sebab dapat membuat kaki bengkak karena rendahnya tekanan dalam kabin pesawat. Ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat harus mengenakan sepatu kembali.
Gunakan berlapis-lapis pakaian
Tak ada yang bisa menentukan temperatur pesawat. Terkadang terlalu panas dan seringkali terlalu dingin. Anda dapat menentukan kebutuhan temperatur yang diinginkan dengan mengenakan berlapis-lapis pakaian. Jika terlalu panas, tinggal dicopot saja dan saat sudah merasa kedinginan, Anda dapat merasa hangat dengan jumlah lapisan yang diinginkan.

Sehat dalam Perjalanan, Jangan Lupa Konsumsi Apel


KELETIHAN dan gizi yang buruk ialah pemicu terjadinya kecelakaan berkendara. Namun, tidak usah cemas, cukup jadikan apel sebagai konsumsi harian Anda untuk menghindari risiko tersebut.

Kandungan apel yang kaya akan serat bisa memberikan pasokan energi yang cepat. Selain itu, serat pada apel juga mampu membuat Anda mudah merasa kenyang namun metabolisme tetap akan bekerja. Tentu ini kabar baik untuk membuat Anda berkonsentrasi saat berada di jalan.

Apel juga mengandung pektin yang dapat menurunkan kolesterol dan kadar gula darah dalam tubuh. Apalagi ditambah dengan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, seperti dilansir dari Live Strong.

Apel segar juga memenuhi kebutuhan sumber vitamin C Anda dimana vitamin C itu dapat membentuk jaringan ikat kolagen (kumpulan protein asam-amino) agar pembuluh darah Anda tetap sehat dan  membantu dalam penyerapan zat besi. Hal inilah yang membuat tubuh Anda tidak mudah drop sekaligus bisa terus fokus kegiatan kerja malam ataupun saat berkendara di malam hari.

Oleh karenanya, untuk terus menjauhi risiko kecelakaan berkendara, Anda bisa menambahkan buah apel selepas mengonsumsi makanan harian.


SUMBER

Rabu, 05 Juni 2013

5 Rahasia agar Tetap Sehat dan Panjang Umur



Jakarta, Sehat selalu dan panjang umur, kalimat standar yang selalu dilantunkan kepada orang yang berulang tahun. Dengan berbagai teknologi medis yang ada saat ini, target panjang umur mungkin lebih mudah tercapai. Tapi untuk sehat selalu, nampaknya perlu upaya lebih keras.

Nyatanya, rata-rata angka harapan hidup penduduk dunia mengalami peningkatan, seiring penyakit seperti stroke, diabetes, gagal jantung dan kanker yang mulai menjadi tren. Salah satu pemicunya adalah stres. Stres memicu pengeluaran senyawa kortisol yang memicu reaksi inflamasi.

Seperti dilansir Forbes, Kamis (30/5/2013), ada 5 cara yang bisa dilakukan agar stres tidak menggerus usia, yaitu:

1. Menonton Komedi
Tertawa terbahak-bahak jelas akan meredakan stres dan membuat pikiran lebih rileks. Jikalaupun tidak bisa menonton acara humor, ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk melepas stres, misalnya berjalan-jalan, rekreasi atau bersenda gurau bersama teman.

2. Berpikir Layaknya Anak Kecil
Seorang anak tertawa rata-rata 300 kali sehari, sedangkan orang dewasa hanya sekitar 17 kali per hari. Salah satu hal yang dapat dilakukan orang dewasa adalah bertindak seperti anak berumur 7 tahun.

Caranya, coba pikirkan hal-hal yang terasa konyol, atau hal yang membikin bertanya-tanya heran. M
engeksplorasi dan bermain adalah cara terbaik untuk memahami perspektif anak-anak.

3. Biarkan Diri Makan Enak Sesekali
Tak ada yang meragukan bahwa makanan seperti sayur mayur dan buah-buahan adalah makanan sehat. Tapi bukan berarti sepanjang waktu harus memakan makanan yang mungkin tidak disukai.

Tak ada salahnya sesekali memakan makanan seperti kue, gorengan dan makanan berlemak lainnya. Akan lebih bijak jika menyeimbangkan makanan yang lezat dengan makanan yang bergizi.

4. Berenang, Bersepeda, Berdansa
Jangan menganggap ola
hraga sebagai hal yang membosankan atau menyebalkan, tapi lakukan sebaliknya. Ada beberapa jenis aktivitas fisik yang sebenarnya dapat dilakukan sambil bersenang-senang.

Kalau suka nonton bola, bisa berolahraga dengan cara main futsal. Suka nonton film action, bisa disalurkan dengan belajar kungfu atau taekwondo. Suka nonton film-film pop khas anak muda, cobalah belajar nge-dance atau belajar capoeira. Beberapa jenis olahraga kini sudah memiliki wadah atau komunitasnya masing-masing.

5. Waspada
Hal yang paling penting adalah meningkatkan kesadaran dan memperhatikan. Setiap saat, seseorang dapat memilih untuk meladeni stresnya ataupun berusaha meredakan, atau malah menghindari.

Tiap kali menghadapai situasi yang memicu stres, cobalah amati sebentar lalu perhatikan. Terkadang yoga atau meditasi membantu mengembangkan keterampilan ini.


SUMBER

Makanan Ini Bisa Hancurkan Lemak


REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sejumlah makanan mampu membantu pembakaran lemak. Dikutip dari Huffingtonpost, berikut makanan yang dapat membantu anda mempertahankan tubuh langsing.

1. Beras Merah
Tubuh akan membakar kalori dua kali lebih banyak untuk makanan kaya serat seperti oatmeal dan beras merah dibandingkan makanan olahan.

2. Daging tanpa lemak
Protein memiliki efek termogenik yang tinggi. Pembakaran kalori membutuhkan 30 persen dari kalori makanan selama pencernaan. Sehingga dada ayam 300 aklori membutuhkan 90 kalori untuk memecahnya.

3. Produk rendah lemak
Makanan kaya kalsium dan vitamin D akan membantu pembentukan massa otot. Hal ini penting untuk memelihara metabolisme tubuh.

4. Teh hijau
Minum empat cangkir teh hijau per hari akan membantu memangkas lebih dari enam pound lemah dalam delapan minggu. Senyawa EGCG yang muncul saat minuman itu diseduh akan mempercepat metabolisme.

5. Cabai
Capsaicin, senyawa yang memberikan rasa pedas cabai akan memanaskan tubuh. Hal itu akan memberi tambahan kalori untuk memecah lemak.

SUMBER